Rupiah Selasa pagi menguat lima poin

mata uang rupiah di selasa pagi bergerak menguat lima poin terhadap dolar as dipicu bank indonesia yang belum memberi sinyal pengetatan moneter.

nilai tukar mata biaya rupiah yang ditransaksikan antarbank pada jakarta selama selasa pagi bergerak menguat sebesar lima poin adalah rp9.709 dibanding posisi sebelumnya rp9.714 per dolar as.

dari domestik, sentimen dari bi pekan lalu direspon cukup stabil dengan tidak memberikan sinyal pengetatan moneter dalam tengah inflasi yang lumayan tinggi, papar analis trust securities reza priyambada dalam jakarta.

sinyal itu, menurut dia, memperlihatkan ekonomi domestik masih cukup stabil pada sedang data-data china dan masih melambat serta baru keberadaan ganjalan krisis moneter di siprus terkait melalui perkiraan penambahan dana talangan (bailout) selama atas perkiraan.

Informasi Lainnya:

sentimen negatif eksternal bisa menahan laju rupiah terhadap dolar as ke depannya, tutur dia.

ia menambahkan masih negatifnya perekonomian global ingin membeli mata biaya safe haven seperti dolar as adalah aset yang diburu investor agar memelihara nilai.

dolar as merupakan safe haven untuk memelihara mutu aset supaya tidak jatuh, tutur dia.

pengamat pasar daripada samuel sekuritas, lana soelistianingsih menambahkan kehadiran tragedi bom meledak pada as ingin mencari keyakinan investor tinggal terguncang.

kendati dampak teror bom kali ini tak sebesar tragedi wtc, ternyata investor ingin menggarap aksi lihat untung dengan posisi tunai memegang dolar as, kata dia.