BNPB: puting beliung terjang Wonosobo dan Demak

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) mengatakan kiranya ratusan rumah pada kabupaten wonosobo dan kabupaten demak selama provinsi jawa sedang rusak setelah diterjang angin puting beliung.

puting beliung yang kemudian didampingi hujan deras menerjang wilayah di kabupaten wonosobo dan kabupaten demak, provinsi jawa sedang dalam selasa (9/4). catatan ternyata menyebutkan ratusan rumah mengalami kerusakan, kata kepala pusat data Informasi dan humas bnpb sutopo purwo nugroho di jakarta, selasa.

dia mengajarkan, di kabupaten wonosobo, angin puting beliung menerjang desa dukuh krajan serta desa banyumudal dan terletak dalam kecamatan sapuran di selasa, jam 13.30 wib.

data ternyata melaporkan kurang lebih 300 rumah selama keadaan rusak sedang sampai rusak berat, ujarnya.

sejauh ini, tutur dia, upaya penanganan masih terkendala dengan listrik yang padam serta kondisi selama lapangan dan terletak dalam daerah perbukitan.

Informasi Lainnya:

dia menjelaskan kiranya Salah satu desa terisolir akibat jalan menuju tujuan desa itu lumayan berat.

selain itu, menurut dia, belum terbentuknya badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) dalam kabupaten wonosobo juga menyulitkan koordinasi diantara pemerintah daerah setempat, tim sar, juga relawan di penanganan bencana.

namun, pendataan terhadap kerusakan juga kerugian sampai saat ini masih selalu dilakukan, kata sutopo.

sementara tersebut, lebih lanjut dikatakannya, angin puting beliung dan terjadi pada kabupaten demak menerjang desa pilangrejo di kecamatan wonosalam selama pukul 15.20 wib.

sekitar 20 rumah mengalami kerusakan. bpbd demak masih terus menggarap pendataan kerusakan dan kerugian, katanya.

sutopo juga menungkapkan bencana lain yang terjadi dalam jawa tengah dalam selasa (9/4), yakni dalam kabupaten kendal selama pukul 13.00 wib.

bencana pada kendal itu tanah longsor di pabrik tri abadi purnama.

longsor menimpa gudang lahan baku milik pabrik itu selama desa campurjo, kecamatan boja, kendal hingga menimpa karyawan. resikonya dua pihak meninggal dunia dan enam orang luka-luka, ungkapnya.

semua korban tersebut, kata sutopo, sudah dievakuasi ke rumah sakit permata medika selama ngaliyan, semarang.