Kepala BPN serahkan 17.680 sertifikat di Makassar

kepala badan pertanahan nasional (bpn) ri, hendarman supandji menyerahkan sertifikat tahap pertama tahun 2013 sebanyak 17.680 sertipikat tanah pada warga, polda sulsel, kodam wirabuana, dinas perhubungan dan instansi pemerintah yang lain dalam makassar, senin.

dalam keterangan tertulis humas bpn, menyebutkan penyerahan sertifikat tersebut dilaksanakan dengan simbolik dengan kepala bpn kepada 46 penerima pada halaman properti jabatan gubernur sulawesi selatan, senin.

sebanyak 17 ribu lebih sertifikat ini merupakan hasil kerja kanwil bpn sulawesi selatan sejak januari 2013 sampai kini. ini merupakan hasil kerja luar biasa dari segenap jajaran bpn sulsel. total target tahun ini 38 ribu sertifikat tanah pada sulawesi selatan, tutur hendarman.

dia menunjukan untuk berbagai wilayah indonesia terdapat sekitar 85 juta bidang tanah yang mesti disertifatkan. hingga ketika masih 45 juta bidang yang telah diberikan sertipikat.

Informasi Lainnya:

oleh sebab itu, jajaran bpn ri untuk berusaha lebih segeralah untuk menyerahkan pelayanan sertifikat tanah yang lebih bagus pada penduduk.

hendarman menekankan untuk seluruh jajaran dalam bekerja taat kepadan aturan dan taat kepada azas supaya warga mendapat pelayanan pasling baik.

pada kesempatan tersebut, hendarman terserah mengingatkan dua tugas dan diberikan presiden susilo bambang yudhoyono kepadanya selama memimpin bpn. presiden memberi aku dua tugas yaitu memangkas sengketa serta ingat kepada orang kecil, ujarnya.

untuk tersebut, bpn mau terus menggalakkan program-program pro-rakyat yang selama ini sudah berjalan. program-program tersebut keduanya sertipikat prona tidak mengeluarkan biasa, situs jemput bola layanan sertifikat tanah supaya rakyat (larasita) dan web one day service.

mantan jaksa agung ri tersebut serta menekankan terserah prinsip dasar bahwa tanah merupakan sumber kesejahteraan dan kemakmuran bagi rakyat, sehingga tanah harus dihindarkan dari spekulasi.

sejalan melalui penggalakan program pro-rakyat tersebut, bpn juga mau mempertimbangkan hak untuk upaya-upaya (hgu) terhadap perusahaan serta holding perusahaan yang telah mempunyai hgu cukup luas. saya serta mau menyewa agar pemegang hgu membangun konsep plasma dan inti supaya bermanfaat kepada warga, tegasnya.

kepala kanwil bpn sulawesi selatan, elfachri budiman menyatakan 17.680 sertipikat dan dibagikan tersebut diantaranya terdiri daripada prona 11.282 jenis, redistribusi tanah supaya rakyat miskin 2942 bidang, usaha kecil menengah (ukm) 465 bidang, nelayan 469 bidang, warga berpenghasilan rendah (mbr) 75 jenis, instansi pemerintah 474 bidang, larasita 1.097 jenis, wakaf 73 jenis serta sisanya 803 untuk pertanian.

elfachri juga mengakui sengketa tanah lumayan ada pada wilayah kerjanya. kami telah menyelesaikan 220 sengketa lewat mediasi juga gelar perkara, katanya.

sementara tersebut, gubernur sulsel syahrul yasin limpo mengatakan pihaknya siap bekerja sama melalui bpn agar melancarkan proses sertipikasi tanah terhadap masyarakat. bentuk kerja sama itu salah satunya melalui penandatangan mou antara gubernur sulsel melalui kakanwil bpn sulsel yang disaksikan kepala bpn ri.